Senin, 06 November 2017

Operasi Penyelamatan Kapal Motor Mutiara Sentosa I



Pada tanggal 20 Mei 2017, ketika kapal yang akan saya operasikan melakukan pelayaran dengan rute Gresik, Jawa Timur menuju Bontang , Kalimantan Timur.
Saat istirahat sore hari, saya melihat liputan berita yang menyiarkan sebuah tragedi kapal terbakar. Dalam liputan tersebut, diberitakan bahwa Kapal Motor Mutiara Sentosa I telah terbakar di perairan Kepulauan Masalembo & menyebabkan seluruh penumpang beserta anak buah kapal harus meninggalkan kapal dengan segera atau dikenal dengan istilah Abandon Ship.
Menurut laporan dari liputan tersebut, penyebab terbakarnya kapal berasal dari sebuah truk tangki berisi bahan kimia cair. Posisi terbakar nya KM. Mutiara Sentosa I berada di sebelah timur laut Pulau Masalembo Besar dengan jarak dari pulau sekitar 5 Nautical Mile.









Jarak lokasi kejadian ke Pulau Madura masih sekitar 70 Nautical Mile.
Sewaktu jam dinas jaga saya, kebetulan kapal yang saya operasikan melewati daerah di sekitar perairan Masalembo. Saya melihat masih banyak unsur-unsur unit penyelamat yang masih melakukan pencarian terhadap korban yang diperkirakan masih mengapung di laut. Banyak kapal-kapal dari kantor SAR daerah yang ikut langsung dalam operasi penyelamatan masih berkeliling di sekitar perairan kepulauan Masalembo. Berikut kapal-kapal SAR yang terpantau oleh AIS (Automatic Identification System) dari kapal saya.
Kapal SAR (KN. SAR Mataram 02) berasal dari Kantor SAR Lombok, Nusa Tenggara Barat.
Kapal SAR (KN. SAR Sadewa) berasal dari kantor SAR Semarang, Jawa Tengah.
Kapal SAR (KN. SAR Wisanggeni) berasal dari kantor SAR Balikpapan, Kalimantan Timur.
Seluruh unsur SAR terlibat dalam operasi penyelamatan tersebut. Dalam berita terakhir yang saya dengar tidak terdapat korban jiwa dalam musibah tersebut dan KM. Mutiara Sentosa I telah berhasil dievakuasi/ditarik ke Surabaya untuk penyelidikan dan investigasi lebih lanjut. Semoga untuk kedepan nya tidak terjadi lagi tragedi seperti ini. Aamiin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar